Google
 

1.23.2009

Test kecepatan koneksi ISP anda dg Speedtest.net

Anda pernah mengalami yang namanya koneksi lemot? Hingga suatu hari anda ingin mengetes seberapa cepat koneksi ISP broadbad anda melalui internet? Keinginan anda itu dapat diwujudkan oleh SpeedTest yang memiliki alamat di http://www.speedtest.net Anda dapat mengukur seberapa cepat koneksi anda melalui website mereka.
Apa yang dilakukan oleh SpeedTest.net itu? SpeedTest.net mengukur performa dari koneksi broadband anda. Pada akhir dari tiap tes, anda akan disuguhkan dengan nilai kecepatan bandwith download dan upload. Tes dilakukan sepenuhnya di dalam browser anda mellui HTTP (seperti web browsing biasanya). Teknologi dibalik SpeedTest.net adalah Ookla Speed Test yang menyediakan sebuah variasi besar untuk perusahaan dan organisasi pada basis berlisensi. Aplikasi ini digunakan oleh lebih dari delapan juta kali per bulan oleh jutaan orang.
Bagaimana memakainya? Masuk ke websitenya, dan begitu masuk loading akan berjalan. Tunggu begitu loading selesai, dan SpeedTest.net akan langsung mendeteksi IP kita yang akan men-zoom kameranya ke Indonesia. Di peta kepulauan kita itu ada beberapa piramida yang merepresentasikan kota besar di Indonesia. Sementara ini baru ada Surabaya, Semarang, Jakarta dan Palembang saja. Arahkan pointer mouse anda ke salah satu kota itu. Di sana akan terlihat salah satu piramida yang berbeda, yang berwarna kuning itu adalah kota yang paling dianjurkan/direkomendasikan. Kalau sudah di-klik, SpeedTest.net akan mulai melalukan pengetesan dengan melakukan komunikasi antara komputer di kota mana anda berada dengan server yang anda pilih tadi. Kemudian akan disajikan hasilnya seperti berapa kecepatan upload dan download, jarak kedua kota, tanggal tes, nama ISP anda, nilai ping, dan sebagainya. Anda juga bisa berkontribusi memberi rating pada ISP broadband anda apakah bagus atau jelek. Anda juga bisa melakukannya dengan server dari luar negeri, London misalnya. Kecepatannya juga bisa diukur dengan tepat.
Di halaman Result, kita bisa melihat ada tombol “See Stats for the entire world”. Dari situ kita bisa melihat statistikperbandingan kecepatan koneksi suatu negara/wilayah/kota. Kita akan diperlihatkan statistik ISP mana yang paling cepat, kota mana yang memiliki koneksi tercepat, atau wilayah mana yang paling bagus koneksinya. Semua disajikan dengan singkat, padat, jelas dan mudah di mengerti.
Kalau semua sudah dilakukan, anda sebaiknya melihat ke tab “My Summary” untuk mengetahui summary anda secara keseluruhan. Dari sinilah semua bechmark disimpulkan, dan disajikan kepada anda. Di sini anda akan disuguhkan apa yang telah dibenchmark tadi. Anda akan melihat rangking negara anda pada box sebelah kanan, dan grafik kecepatan rata-rata di bagian bawah.
Nah, semua benchmark online ini sangat berguna kiranya untuk mengetahui seberapa cepat koneksi ISP kita, mengetahui bagaimana sih kecepatan internet teman kita di luar negeri, sebagai pembantu survei, untuk membandingkan kecepatan, dan lain sebagainya. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda semua..

Silahkan baca juga artikel berikut



1 Comment:

www.katobengke.com said...

wah ternyata ada alatnya juga toh......

Posting Komentar