Google
 

12.05.2007

Kitab Kuning Versi Software

Kitab kuning yang selama ini mungkin hanya bisa dinikmati melalui tulisan di kertas, baik di kertas kuning (sehingga disebut kitab kuning) maupun di kertas putih, yang kadang sulit sekali dicari, berharga cukup mahal, dan butuh perawatan khusus menyimpannya, kini tersedia dalam bentuk yang ringkas dan memudahkan: Software Kitab Kuning. Dan yang paling membahagiakan, software ini tersedia secara cuma-cuma. Semoga Allah SWT memberikan pahala yang berlimpah kepada berbagai pihak yang telah bekerja keras demi tersedianya Software Kitab Kuning ini. Keterangan aslinya di http://www.almeshkat.net/

Kitab kuning dalam bentuk software ini bernama Al-Maktabatusy Syamilah, Al-Isdhar 2 (Pustaka Lengkap, Versi 2) dan terdiri diri 1800 (seribu delapan ratus) kitab yang dikelompokkan dalam 29 bidang keilmuan. Kitab berupa program komputer ini sangat praktis karena tidak membutuhkan ruang besar untuk menampung ribuan kitab yang masing-masing bisa jadi terdiri atas puluhan juz.

Namun demikian, oleh karena software ini juga menampung kitab dari berbagai aliran yang berbeda, baik madzhab maupun ideologinya, maka MOHON LEBIH WASPADA dan SELEKTIF membacanya atau mempelajarinya.

Posting ini diambil dr http://www.nunihon.org/situs milik komunitas warga Nahdlatul Ulama (NU) di Jepang yang sekarang berstatus sebagai Pengurus Cabang Istimewa (PCI) NU Japan.Daftar Bidang Ilmu dan Jumlah Kitab di Dalamnya
Software ini memuat berbagai kitab dalam berbagai bidang
  • Di bidang tafsir (52 kitab) meliputi Tafsir Thabari, Ibnu Katsir, Al-Baghawi, Al-Alusi,Al-Bahr, Fathul Qadir, Ad-Durrul Mantsur, Jalalain, Al-Khazin, Az-Zamakhsyari, Ibnu Abdis Salam, Sayyid Thanthawi, Adh-Dhilal, Al-Qusyairi, dll.
  • Dalam bidang Ulumul Qur'an (43 kitab), meliputi I'rabul Qur'an, Asbabu Nuzulil Qur'an, Al-Itqan, Misykatul anwar, Fadlailul Qur'an, Majazul Qur'an, Lubabun Nuzul, At-Tibyan, Asbabun Nuzul, Ahkamul Qur'an lisy Sayfi'iy, Ahkamul Qur'an li Ibni Arabiy, dll
  • Dalam bidang Fiqih, kitab di lingkungan 4 madzhab diletakkan terpisah. Untuk Madzhab Imam Syafi'y, 19 kitab yang tersedia adalah Al-Umm, I'anatuh Thalibin, Fathul Wahhab, Fathul Mu'in, Asnal Mathalib, Al-Majmu', Raudlatuth Thalibin, Hasyiata Qalyubi wa Umairah, Mughnil Muhtaj, Nihayatul Muhtaj, Hasyiah Bujairimi alal Khatib, Hasyiah Bujairimi alal Minhaj, dll.
  • Dalam madzhab Imam Maliki (14 kitab), Asy-Syarhul Kabir, Bidayatul Mujtahid, Mukhtashar Khalil, At-Taju wal Iklil, Mawahibul Jalil, Hasyiyah Ad-Dasuqi alasy Syarhil Kabir, dll. Dalam Madzhab Imam Hanafi terdapat 17 kitab, dan Madzhab Imam Maliki terdapat 14 kitab.
  • Dalam bidang Tasawuf, / Akhlak terdapat Ihya Ulumiddin, Riyadlush Shalihin, Al-Kabair, Al-Futuhatul Makiyyah, Qutul Qulub, Al-Risalatul Qusyairiyyah, Al-Adzkar, dll.
  • Klasifikasi umum memuat kitab Tafsirul Ahlam, Ta'tirul Anam fi Tafsiril Ahlam, Mausu'ah Tafsiril Ahlam, Mafahimul Islamiyyah, Al-Jam'iyyatul Khairiyyah li Tahfidhil Qur'anil Karim, Jam'ul Qur'anil Karim fi 'Ahdi Khulafair Rasyidin, dll.
  • Ushul Fiqh, Mushtalah Hadits, dan berbagai bidang lainnya hingga 29 kelompok dengan total 1800 kitab.
Semua kitab tersebut sudah lengkap dimuat dalam software ini, oleh karena itu ukurannya sangat besar, Hard Disk yang dibutuhkan minimal 4,2 Giga Byte.

Kemampuan Utama Software ini diantaranya :
Kemampuan Membuka Kitab
  • Membuka kitab apapun dengan mudah berdasarkan Juz dan Halamannya.
  • Bila sulit mencari kitabnya, ada 2 pilihan, dicari berdasarkan urutan (index) huruf atau berdasarkan bidang ilmunya.
  • Bila hanya tahu sedikit kata dari judulnya, misal Ihya Ulumiddin, maka cukup ketikkan Ihya, maka akan diantarkan daftar kitab yang di judulnya tertera kata Ihya.
Kemampuan Mencari IBARAT
Catatan : IBARAT adalah keterangan ayat / hadits / fatwa / pembahasan yang terkait dengan Jawaban yang dibutuhkan. Inilah kunci pentingnya software ini. Pencarian itu dilakukan dengan memasukkan sebuah kata, dan software akan mencarinya di seluruh kitab.
  • Bila terlalu banyak hasil pencariannya, bisa pula dibatasi pada nama kitab tertentu saja atau pada bidang ilmu tertentu saja. Misalkan pembahasan Makmum Masbuq, bisa didapat dari Kitab2 di Bidang Hadits, bidang Fiqih (Madzhab 4), Kitab Ihya, dll.
  • Pencarian kata itu di dalam 1800 kitab bisa dilakukan, akan tetapi jelas memakan waktu dan mungkin tidak semuanya berkait langsung dengan yang diinginkan penanya.
  • Maka dengan membatasinya hanya pada Kitab Majmu' saja mungkin akan lebih mudah. Bisa juga diperluas sedikit dengan menambah daftar kita yg akan dituju ini. Atau bahkan lebih luas lagi, yakni di seluruh kitab fiqih dalam Madzhab Imam Syafi'iy.
  • Daerah pencarian juga bisa digabungkan dari bidang yang berbeda, misalnya dari bidang fiqih Madzhab Imam Syafi'iy ditambah Madzhab Imam Maliki, ditambah bidang Tafsir, dan bidang Akhlaq (yg didalamnya ada Ihya Ulumiddin), dan lain-lain.
Contoh : Pencarian kitab yang berisi kata Sya'ban, dimana hasilnya nanti nama kitab, juz, dan halaman apa saja yang memuat kata tersebut. Lahan pencarian dalam contoh ini adalah bidang Fiqih Syafi'iy pada seluruh kitab di dalamnya (jadi pilih Al-Majmu'ah Kulluha).Perhatikan urutan panahnya, sesuaikan urutan klik mouse Anda dengan urutan tersebut. Dimulai dari icon berupa teropong di window utama, maka akan nampak window pencarian di atas, kemudian ketikkan keyword (kunci) untuk ibarat apa yang Anda cari (dalam hal ini Sya'ban), dan seterusnya, diakhiri klik icon teropong yang ada di bawah.

Kemampuan Tafsir
Untuk satu ayat yang sama, 45 Kitab Tafsir dapat dibuka sekaligus. Mari kita ikuti caranya :
  • Klik icon tafsir (AlQur'anul Karim wa tafsiruhu).
  • Pilih Surat dan ayatnya
  • Tentukan Tafsir apa yang akan dibaca (dari 45 tafsir yang ada)
Pada contoh ini, nampak QS An-Nisa' ayat 8 dengan Tafsir dari Imam Thabari. Perhatikan urutan panahnya, sesuaikan urutan klik mouse Anda dengan urutan tersebut.
Download Software
Ukuran Softwarenya adalah 789 MB. Ada 2 cara men-downloadnya, silahkan pilih mana yang sesuai.
  1. Internet, Untuk install dikomputer Anda sendiri, bisa langsung download dari website aslinya di ALMESHKAT. Kemudian diinstall sesuai petunjuk di atas.
  2. CD, bila software ini akan diinstall di komputer lain (tanpa internet), maka mau tidak mau, program besar itu harus disave ke CD lebih dulu. Masalahnya, ukuran maksimum CD hanya 700 MB, sehingga untuk 789 MB diperlukan 2 CD. Langkahnya :
Untuk memudahkan download anda bisa gunakan software program bantu Free Download Manager (FDM) klik disini, atau Download Accelerator Plus (DAP) klik disini.
Cara Meng-Install
Perpustakaan Kitab ini bernama :
"Al-Maktabatusy Syamilah", Al-Ishdar 2 (Pustaka Lengkap, Versi 2)
Diambil dari : http://www.almeshkat.com/books/index.php Kondisi komputer adalah :
  • Sistem Operasi Windowsnya harus Arabic (Win 95 atau 98 Arabic), atau Win XP yang dienable Arabicnya. Bila Windows XP masih versi English atau Japanese maka dibutuhkan langkah Enable Arabic. Catatan : CD asli dari Windows biasanya nanti dibutuhkan ketika mengganti setting Win XP itu ke Arabic.
  • Tidak harus ada internet, sebab installer berada di 2 CD. Namun bila menginginkan download langsung dari website aslinya di ALMESHKAT, maka harus tersedia koneksi internet.
  • Ruang kosong di Hard Disk minimal 4.2 GB, perinciannya file asli sebesar 789 MB, hasil ekstraknya nanti meliputi file terkait program 137 MB dan file data 3.18 GB,
  • Memory minimal 128 MB
Langkah-Langkah Install
  1. Windowsnya harus Arabic, atau Win XP yang dienable Arabicnya.
    (Cara Enable ke Arabic bisa dibaca di blog ini pd kategori tutorial " mengenable winXP agar bermode Arabic ")
    Copykan isi kedua CD ini ke dalam direktory yang sama, misalka C:/PerpustakaanMaka Direktory itu seharusnya akan berisi 3 file:
    • hjsplit.exe
    • shamela.exe.001
    • shamela.exe.002
  2. Double Click (jalankan) program hjsplit.exe
    • Klik tombol JOIN
    • Klik tombol INPUT FILE
    • Pilihlah file "shamela.exe.001"
    • Klik tombol START, tunggu beberapa menit (bisa jadi sampai 1 jam, kalau lambat)
    • Sebagai hasil, akan muncul 1 file baru "shamela.exe" (inilah file aslinya)
  3. Klik file "shamela.exe""
    • Destination Folder" bila ingin diubah silahkan. Kemudian klik tombol "Install"
    • Maka file ini akan menghasilkan sebuah direktory baru Library, yg berisi file "SETUP.EXE" dan 3 direktory lainnya
    • Double Clik (jalankan) program "SETUP.EXE"
    • Pilih direktory tempat menyimpan programnya (pada umumnya di direktory "Program files"
    • Maka akan terbentuk direktory "Al-Maktabatusy Syamilah" (dalam teks Arab)
  4. Untuk menjalankannya
    klik START, ALL PROGRAM, cari "Al-Maktabatusy Syamilah" (dalam teks Arab)Klik "Al-Maktabatusy Syamilah" (dalam teks Arab itu)
    Program siap menampilkan berbagai jenis kitab.
*** untuk petunjuk praktis dalam file PDF dapat Download di sini

Silahkan baca juga artikel berikut



0 Comments:

Posting Komentar